28 Juli 2021
Contoh Simbiosis Komensalisme

Contoh Simbiosis Komensalisme

Contoh simbiosis Komensalisme –┬áDalam berinteraksi antar makhluk hidup, ada sebuah interaksi yang disebut dengan simbiosis. Simbiosis sendiri adalah suatu hubungan yang khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan spesies. Hubungan yang terjalin ini bisa saja menguntungkan, merugikan atau bahkan tidak memberi pengaruh apapun. Ada 6 jenis simbiosis yang dikenal dalam ilmu biologi dan salah satunya adalah simbiosis komensalisme.

Contoh Simbiosis Komensalisme Yang Harus Diketahui

Simbiosis komensalisme adalah suatu interaksi antara dua makhluk di mana salah satu makhluk diuntungkan dan makhluk lainnya tidak mendapat keuntungan maupun kerugiam. Ini berarti bahwa satu makhluk mendapat keuntungan sedangkan makhluk lainnya tidak terpengaruh sama sekali. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat hubungan simbioses komensalisme pada beberapa contoh berikut ini.

1. Anggrek dan Pohon Mangga

Anggrek dan pohon mangga merupakan salah satu Contoh simbiosis komensalisme yang sering kali ditemukan di lingkungan. Anggrek mendapatkan keuntungan dengan memiliki tempat untuk hidup dan tumbuh. Bunga ini juga mendapatkan cahaya matahari dan zat-zat yang dibutuhkan untuk berfotosintesis yang cukup. Sedangkan pohon mangga tidak akan terganggu sama sekali perkembangannya.

2. Tumbuhan Paku dan Pohon Jati

Selain Anggrek dan pohon mangga, tumbuhan lain yang sama-sama memiliki hubungan simbiosis komensalisme adalah tumbuhan paku dan pohon jati. Tumbuhan paku menempel pada pohon jati untuk bisa mendapatkan cahaya matahari. Pohon jati sendiri tidak mendapatkan manfaat atau kerugian apapun karena ditempeli oleh pohon paku tersebut. Pohon jati bisa tumbuh baik meskipun ada pohon paku menempel.

3. Ikan Remora dan Ikan Hiu

Tidak hanya di daratan, contoh simbiosis komensalisme juga bisa ditemukan di lautan yaitu hubungan antara ikan remora dan ikan hiu. Ikan remora yang bertubuh kecil sering kali mendapat keuntungan dari ikan-ikan bertubuh besar seperti hiu. Ikan ini memiliki semacam alat penghisap yang memungkinkan dirinya untuk menempel di ikan hiu atau ikan-ikan yang tubuhnya berukuran lebih besar.

Dari hubungan simbiosis komensalisme kedua ikan ini yang diuntungkan adalah ikan remora. Dengan menempelkan diri ke tubuh ikan yang lebih besar seperti hiu, remora akan mendapatkan perlindungan dari ikan atau makhluk laut predator yang biasa memangsanya. Selain itu, remah-remah sisa makanan hiu bisa menjadi makanan bagi remora. Sedangkan bagi hiu, dia tidak mendapatkan keuntungan atau kerugian.

4. Udang dan Timun Laut

Contoh simbiosis komensalisme lainnya yang sama-sama hidup di laut adalah antara udang dan timun laut. Binatang crustacea ini memiliki kebiasaan menempel pada timun laut. Tujuannya adalah untuk mendapatkan sisa-sisa makanan dari makhluk tersebut. Bagi timun laut sendiri keberadaan udang laut tidak memberikan manfaat apapun atau memberikan kerugian, keberadaannya tidak berpengaruh.

5. Ikan Goby dan Bulu Babi

Bulu babi memiliki permukaan tubuh yang beracun. Namun ternyata keberadaan racun ditubuhnya ini dimanfaatkan oleh ikan goby yang berukuran kecil. Ikan ini bersembunyi di antara celah-celah duri bulu babi tersebut. Hal ini dilakukan oleh ikan goby supaya bisa terhindar dari predator pemangsa. Bagi bulu babi sendiri keberadaan ikan goby tidak mengganggu dan juga tidak memberikan manfaat apapun.

6. Ikan Badut dan Anemon Laut

Terakhir, contoh simbiosis komensalisme yang bisa Anda temukan adalah hubungan antara ikan badut dan anemon laut. Ikan badut merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki ukuran kecil. Untuk melindungi diri dan telur-telurnya, binatang ini biasa menyembunyikan diri di antara anemon laut padahal tentakelnya memiliki racun. Untungnya, ikan badut memiliki lendir yang bisa melindungi dari racun tersebut.